Perilaku Konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian , pemilihan , pembelian , penggunaan serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan .
Perilaku konsumen merupakan hal - hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.untuk barang berharga jual rendah (low- involvement ) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah , sedangkan untuk barang berharga jual tinggi ( high -involvement ) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Pendekatan Dalam Meneliti Perilaku Konsumen
Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti prilaku konsumen ,
- pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif , pendekatan yang menggali secara mendalam prilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya .
- pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional , yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif , sosial dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi , pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan prilaku dan pembuatan keputusan konsumen .
- pendekatan ketiga adalah sains marketing , yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan teori statistika .
ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda.
Roda Analisis Konsumen
Roda analisis konsumen adalah kerangka kerja yang digunakan marketer untuk meneliti , menganalisis dan memahami perilaku konsumen agar dapat menciptakan strategi pemasaran yang lebih baik . Roda analisis konsumen terdiri dari tiga elemen yaitu kognisi , lingkungan dan perilaku .
Afeksi Dan Kognisi
Afeksi merujuk pada perasaan konsumen terhadap pada suatu stimulasi atau kejadian . sedangkan Kognisi mengacu pada pemikiran konsumen , misalnya apa yang dipercaya konsumen pada suatu produk .
Manusia dapat merasakan 4 tipe respons afektif seperti emosi , perasaan tertentu , mood , dan evaluasi .dan sistem kognisi terdiri dari 5 proses mental yaitu memahami , mengevaluasi , merencanakan , memilih dan berpikir . Proses memahami adalah proses menginterpretasi atau menentukan arti dari aspek tertentu yang terdapat dalam sebuah lingkungan . Mengevaluasi berarti menentukan apakah sebuah aspek dalam lingkungan tertentu itu baik atau buruk , positif atau negatif , disukai atau tidak disukai . Merencanakan berarti menentukan bagaimana memecahkan sebuah masalah untuk mencapai suatu tujuan . Memilih berarti membandingkan alternatif solusi dari sebuah masalah dan menentukan alternatif baik . sedangkan Berpikir adalah aktivitas kognisi yang terjadi dalam keempat proses yang disebutkan sebelumnya.
Proses Pengambilan Keputusan Pembelian
1. Pengenalan Masalah
2. Pencarian Informasi
3. Mengevaluasi Alternatif
4. Keputusan Pembelian
5. Evaluasi Pasca PEmbelian
Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi
Terdapat 5 faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian
1. Motivasi merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
2. Presepsi merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimannya berdasarkan informasi atau terhadap rangsangan tersebut.
3. Pembentukan Sikap merupakan penilaian yang terdapat pada diri seseorang .
4. Integrasi merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan .
:)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar