nama : Jully
npm : 13210810
kelas : 3 EA 16
Laporan ( Formal dan Semi-Formal )
Laporan ialah karya tulis
ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yangberhubungan
secara structural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang
diberikan.Laporan tersebut sebagai bukti pertanggung jawaban
bawahan/petugas tim/panitia kepadaatasananya atas pelaksanaan tugas yang
diberikan. Laporan juga merupakan jenis dokumen yang menyampaikan
informasi mengenai sebuah masalah yang diselidiki dalam bentuk fakta-fakta yang
diarahkan kepada pemikiran dan tindakan yang akan diambil, hal-hal esensil, dan
hal-hal pokok yang bertalian dengan tujuannya.
Sifat Laporan
Laporan yang baik harus ditulis dengan bahasa yang baik
dan jelas sehingga menimbulkan pengertian yang tepat, bukan kesan atau sugesti.
Di bawah ini adalah sifat-sifat yang harus dikandung oleh sebuah laporan :
1.
Mengandung imaginasi. Hal ini memiliki pengertian
bahwa pelapor harus tahu secara tepat siapa yang akan menerima laporan.
2.
Sempurna dan komplit Tidak boleh ada hal-hal yang
diabaikan bila hal-hal tersebut diperlukan untuk memperkuat kesimpulan dalam
laporan itu. Selain itu laporan tidak boleh mengandung unsur yang menyimpang dan
memihak.
3.
Disajikan secara menarik. Pelapor harus berusaha
menarik perhatian si penerima laporan dengan nilai yang terkandung di dalam
laporan.
Dasar-dasar Laporan
1.
Pemberi Laporan. Pemberi laporan dapar berupa
perorangan atau badan
2.
Penerima Laporan Penerima laporan adalah perorangan
atau badan yang menuugaskan atau dianggap perlu mendapatkan laporan tersebut.
3.
Tujuan Laporan. Umumnya tujuan laporan adalah untuk
mengatasi suatu masalah, mengambil suatu keputusan yang lebih efektif,
mengetahui perkembangan suatu masalah, mengadakan pengawasan dan perbaikan,
menemukan teknik baru, dan sebagainya.
Bahasa Laporan
Sekurang-kurangnya dari segi sintaksis bahasanya teratur,
jelas memperlihatkan hubungan yang baik antara satu kalimat dengan kalimat yang
lain. Bidang yang dilaporkan dan orang yang menerima laporan seringkali
mempengaruhi gaya bahasa yang digunakan.
Macam-macam Laporan
1.
Laporan berbentuk formulir isian. Jenis laporan ini
biasanya bersifat rutin dan sering berbentuk angka-angka.
2.
Laporan berbentuk surat. Biasanya bentuknya lebih
panjang dari surat-surat biasa.
3.
Laporan berbentuk memorandum. Jenis laporan ini
sering digunakan untuk laporan yang singkat.
4.
Laporan perkembangan dan laporan keadaan.Laporan
perkembangan adalah suatu macam laporan untuk menyampaikan perkembangan,
perubahan atau tahap mana yang sudah dicapai dalam usaha untuk mencapai tujuan
yang telah ditentukan. Laporan keadaan adalah laporan yang menggambarkan
kondisi yang ada pada saat laporan itu dibuat.
5.
Laporan berkala. Jenis laporan ini dibuat dalam
jangka waktu tertentu.
6.
Laporan laboratoris. Salah satu tujuan dari laporan
laboratoris adalah menyampaikan hasil dari percobaan atau kegiatan yang
dilakukan dalam laboratorium.
PENGERTIAN, PERBEDAAN DAN CONTOH LAPORAN FORMAL DAN
SEMIFORMAL
Laporan formal adalah laporan yang memenuhi semua
persyaratan, nadanya bersifat impersonal, dan materinya disajikan dalam suatu
pola struktur seperti yang terdapat dalam buku-buku. Bila ada satu atau
beberapa syarat tidak terpenuhi, laporan itu disebut semi-formal sedangkan
laporan yang tidak memenuhi persyaratan disebut laporan non-formal.
Laporan formal, semi-formal, dan non-formal merupakan
laporan yang bersifat resmi (formil). Bila laporan tersebut bersifat pribadi
dan bentuknya sesuai dengan keinginan penulis maka laporan itu bersifat tidak
resmi (informil).
Dibawah ini persyaratan yang menentukan sifat laporan:
·
Halaman judul
·
Terdapat surat penyerahan
·
Memiliki daftar isi
·
Terdapat ikhtisar yang mengawali laporan
·
Memiliki pendahuluan
·
Kesimpulan dan saran
·
Isi laporan yang terdiri dari judul-judul dengan tingkat
yang berbeda-beda
·
Menggunakan nada resmi, bersifat impersonal
·
Disertai pula table dan angka-angka (bila diperlukan)
·
Biasanya didokumentasikan secara khusus
Dari pernyataan di atas contoh laporan formal apabila ada
suatu lapuran yang teknik penulisannya memenuhi persyaratan penulisan laporan
laporan, sedangkan contoh laporan semiformal adalah apabila ada suatu laporan
yang hanya terdiri dari beberapa saja dari persyaratan penulisan laporan.
Struktur Laporan Formal
·
Halaman judul. (Jangan menggunakan judul yang terlalu panjang.)
·
Surat penyerahan.(Surat penyerahan atau letter of
transmittal berfungsi sebagai kata pengantar pada sebuah buku.)
·
Daftar isi. (Bagian ini memuat rekapitulasi dari semua
judul yang ada dalam laporan. Pokok-pokok yang paling penting ditempatkan semakin
ke kiri).
·
Ikhtisar dan abstrak.(Ikhtisar merupakan bagian dari
tulisan yang menyampaikan informasi penting dari sebuah laporan dalam bentuk
yang sangat singkat).Abstrak adalah bagian uraian yang sangat singkat, jarang
lebih panjang dari enam atau delapan baris untuk menerangkan aspek-aspek yang
tercakup dalam sebuah uraian.
·
Pendahuluan
·
Isi laporan( Isi laporan menyangkut inti persoalan).
·
Kesimpulan dan saran
·
Bagian pelengkap. Bagian yang perlu dimasukkan untuk
melengkapi laoran adalah apendiks (lampiran-lampiran, termasuk surat
perintah atau surat tugas bagi orang yang membuat laporan, foto, peta, dll)
danbibliografi bila laporan itu dikaitkan dengan analisa ilmiah yang
menggunakan bahan-bahan pustaka.
Referensi :
1.
Google.Dalam "http://www.slideshare.net/iyankess/jenis-laporan"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar